Ciri-ciri Kacer Poci Jantan Dan Betina

Info yang akan saya share hari ini adalah ciri-ciri kacer poci jantan dan betina. Kacer poci, burung yang memiliki nama ilmiah copsychus saularis ini  merupakan burung pengicau kecil yang memiliki kicauan sangat merdu dan dapat menirukan kicauan atau suara burung lain. Kacer poci yang digolongkan pada keluarga muscicapidae ini termasuk burung bertipe petarung. Burung ini memiliki bulu yang berwarna hitam dan putih. Warna hitam kacer poci terdapat pada kepala, leher sampai sebatas dada, punggung dan bagian luar dari ekornya. Sedangkan warna putih terdapat pada perut dan bagian dalam ekornya. Ciri lain dari kacer poci adalah kebiasaan ekornya yang terangkat ke atas ketika mereka sedang mencari makanan di tanah atau kadang ketika sedang bertengger di dahan atau ranting pohon. Karena itulah maka tidak heran jika banyak para penggemar burung baik pemain yang sudah lama atau pemula saling berburu untuk mendapatkan jenis burung yang satu ini. Dan dalam kancah perlomba burung yang satu ini memiliki kelas istimewa dan dapat dibilang burung kelas atas.

Ciri-ciri Kacer Poci Jantan Dan Betina untuk Pemula

Bisa membedakan ciri-ciri kacer poci jantan dan betina tentu akan sangat membantu anda dalam memilih bakalan atau anakan yang bagus. Biasanya para penggemar burung kacer sudah memahami ciri-ciri kacer poci jantan dan betina. Dan di kalangan penggemar kacer atau kacer mania lebih memilih kacer jantan ketimbang kacer betina, karena kacer jenis kelamin jantan memiliki suara yang lebih bervariasi.

Bagi anda yang baru mengenal atau baru akan memulai memelihara burung yang satu ini tentu tidak mudah membedakan kacer jantan dan betina apalagi yang masih anakan atau trotol. Nah agar anda tidak salah dalam memilih anakan kacer poci untuk dipelihara di rumah, ada beberapa langkah yang dapat anda lakukan jika akan membeli trotol atau anakan di pasar atau kios burung, salah satunya meminta bantuan pada saudara atau teman yang sudah memahami seluk beluk kacer poci. Namun bila tidak ada yang dapat dimintai bantuan anda bisa menyimak atau membaca-baca informasi tentang ciri-ciri kacer poci jantan dan betina dari berbagai sumber, seperti yang saat ini sedang anda baca.

ciri ciri kacer jantan dan betina
ciri ciri kacer jantan dan betina

Untuk membedakan ciri-ciri kacer poci jantan dan betina dewasa memang mudah yaitu salah satunya dengan memperhatiakan ciri-ciri fisiknya. Berikut ciri-ciri kacer poci jantan dan betina dewasa:

  1. Kacer poci jantan memiliki bulu hitam mengkilat pada bagian dada dan kepala jika terpapar sinar matahari dan akan terlihat lebih bercahaya sedangkan bulu kacer betina cenderung akan lebih kusam dan pada bagian kepala dan dada warna bulunya berwarna keabu-abuan;
  2. Postur tubuh kacer poci jantan lebih besar, panjang jika dibandingkan dengan kacer poci betina yang memiliki tubuh lebih kecil atau pendek;
  3. Kacer poci jantan mempunyai suara kicauan yang lebih bervariasi dan akan lebih gacor di bandingkan kacer poci betina (kacer betina kicauannya menoton);

Membedakan ciri-ciri kacer poci jantan dan betina yang masih anakan atau trotol sedikit lebih sulit karena dari sisi postur tubuh hampir mirip. Tetapi jika diperhatikan secara teliti maka anda dapat melihat perbedaannya. Berikut Ciri-ciri kacer poci jantan dan betina anakan atau trotol:

Ciri-ciri anakan kacer poci jantan :

  • Pada kacer poci jantan anakan dibagian kepalanya terlihat lebih rata dan tidak menonjol;
  • Kacer poci jantan anakan juga memiliki paruh yang lebih pendek dan terdapat warna hitam pada bagian bawah paruhnya;
  • Jika anda perhatikan warna punggung dan sayap kacer poci jantan anakan memiliki warna lebih hitam;
  • Dan jika dilihat gaya berdirinya poci jantan anakan terlihat lebih tegap dan langsing.

Ciri-ciri anakan kacer poci betina :

  • Kepala kacer poci betina anakan akan terlihat lebih bulat dan menonjol;
  • Kacer poci betina anakan memiliki paruh yang lebih panjang dan warna hitam dibagian bawah paruh lebih keabu-abuan;
  • Kacer poci betina anakan memiliki warna punggung dan sayap hitam keabu-abuan.
  • Gaya berdiri kacer poci betina anakan juga berbeda dengan jantan, yang betina terlihat kurang tegap serta badannya lebih gemuk.

Nah itulah ciri-ciri kacer poci jantan dan betina yang dapat saya informasikan. Semoga bermanfaat bagi anda yang akan memulai memilih anakan kacer poci untuk dipelihara di rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *